Sekolah Alam Virtual Balik Lagi dengan Tema yang Fresh!

Bagikan Tulisan

Tanggal

14 Maret 2024

Penulis

Jane Lense

Tanggal

14 Maret 2024

Penulis

Jane Lense

Hallo Sobat Lestari!

Sekolah Alam Virtual (SAV) hadir kembali di tahun 2024 dengan seri terbaru! Kalau seri kemarin kita diajak untuk melihat keindahan laut, manfaat laut untuk manusia, serta peran manusia untuk menjaga lingkungan laut, di SAV seri terbaru kali ini kami mengangkat tema “Berbagi Cerita Penyu di Taman Pesisir Jeen Womom” yang tidak kalah seru dan menarik, lho!

Melalui platform Zoom dan Youtube, kami bersama para sobat SAV yang hadir dari berbagai daerah di seluruh Indonesia dan dari berbagai kelompok umur, serta latar belakang yang berbeda-beda, bertemu secara virtual dan belajar banyak dari (para) narasumber yang hebat dengan materi serta cerita yang menarik terkait penyu dan upaya perlindungan yang dilakukan di TP Jeen Womom.

Episode pertama SAV di seri yang baru ini dimulai dengan topik “Mengenal Taman Pesisir Jeen Womom dan Kegiatan Pemantauan Penyu” yang berlangsung pada tanggal 16 Februari 2024. Narasumber pada episode pertama ini adalah Kaka Yusup Jentewo, yang adalah tim konservasi pada Program Development Assistant di Program Sains untuk Konservasi (S4C), LPPM Unipa.

Pemaparan materi oleh narasumber
(Foto : S4C_LPPM UNIPA)

Pemenang kuis SAV episode pertama
(Foto : S4C_LPPM UNIPA/Tonny)

Kaka Yusup mengajak kita “jalan-jalan” ke Taman Pesisir Jeen Womom dan melihat aktivitas pemantauan penyu dan perlindungan sarang yang dilakukan oleh tim S4C LPPM Unipa bersama dengan masyarakat lokal disana, yang dilakukan secara rutin dengan tujuan untuk memulihkan dan melestarikan populasi penyu. Lewat materi yang dibagikan oleh Kaka Yusup, sobat SAV jadi tahu kalau lokasi TP Jeen Womom yang berada di Kabupaten Tambrauw itu terbagi menjadi 2 pantai besar, yaitu Pantai Jeen Yessa dan Pantai Jeen Syuab.

Sobat SAV juga mendapat suatu fakta menarik dari materi yang disampaikan oleh Kaka Yusup, kalau Taman Pesisir Jeen Womom menjadi lokasi pantai peneluran penyu belimbing terbesar di Pasifik Barat, lho! Namun, sayangnya populasi penyu belimbing di TP Jeen Womom sudah menurun sejak tahun 1980an. Dengan adanya SAV ini, kita bisa tahu bersama-sama status populasi penyu karena adanya tim yang melakukan pendataan dan pemantauan aktivitas peneluran penyu di TP Jeen Womom. Sobat SAV yang ketinggalan episode pertama kemarin atau ingin menonton ulang SAV kemarin, bisa nonton lagi di sini!

Sekolah Alam Virtual ini seperti yang sudah dilakukan di seri sebelumnya, akan berlanjut dengan episode-episode lain yang baru, pada tema yang masih sama yaitu “Berbagi cerita penyu”, dengan topik-topik yang menarik seperti: a) Perlindungan sarang penyu dan penelitian di TP Jeen Womom; b) Bagaimana kami mengevaluasi sarang penyu di TP Jeen Womom?; c) Sejarah TP Jeen Womom dan bagaimana wisata edukasi di TP Jeen Womom. Jangan lewatkan SAV episode yang akan datang dan pantau terus informasinya di sosial media kami ya!

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.