Beranda » Sekolah Alam Virtual

Sekolah Alam Virtual

Sekolah Alam Virtual (SAV) dari Program Sains untuk Konservasi adalah bentuk edukasi melalui pertemuan virtual tentang perilaku hewan-hewan liar di alamnya, manfaatnya bagi ekosistem, serta hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan mereka. Anda dapat menyimak rekaman ulang SAV melalui channel YouTube kami.

Sekolah Alam Virtual

Sekolah Alam Virtual (SAV) dari Program Sains untuk Konservasi adalah bentuk edukasi melalui pertemuan virtual tentang perilaku hewan-hewan liar di alamnya, manfaatnya bagi ekosistem, serta hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan mereka. Anda dapat menyimak rekaman ulang SAV melalui channel YouTube kami.

Session 1 Megafauna Akuatik
Episode 1 Mengenal Paus

 

Episode ini membahas pengetahuan dasar tentang Paus seperti cara paus mengenali objek, cara paus berkomunikasi dengan paus lain, peran paus bagi ekosistem laut, hal yang mengancam kelestarian paus di alamnya,  dan banyak lagi informasi menarik lainnya.

Session 1 Megafauna Akuatik

Episode 2 Mengenal Dugong

 

Episode ini membahas tentang Dugong atau biasa disebut Duyung. Hal yang dibahas adalah evolusi Sirenia, anatomi & morfologi tubuh dugong dan hubungannya dengan evolusi, makanan dan cara dugong mengambil makanannya, perilaku unik dugong di alam termasuk cara dugong menyusui anaknya di dalam laut. SAV juga bercerita tentang manfaat dugong bagi ekosistem laut dan ancaman kelestarian dugong. Narasumber adalah Juraij Bawazier dari Peneliti Kelautan dari Yayasan Lamun Indonesia. Moderator adalah Henny Lessnussa Support team LPPM-UNIPA.

Session 1 Megafauna Akuatik

Episode 3 Mengenal Hiu

 

Episode ini membahas tentang Hiu. Hal yang dibahas adalah perdagangan hiu dan hubungannya dengan keberlangsungan spesies hiu. Narasumber adalah Ranny R. Yuneni (Shark and Ray Conservation Specialist-WWF Indonesia). Moderator adalah Halter Z. Karubaba (Staff Outreach Program Sains untuk Konservasi).

Session 1 Megafauna Akuatik

Episode 4 Mengenal Lumba-lumba

 

Episode ini membahas pengetahuan dasar tentang lumba-lumba. Narasumber adalah Dr Putu Liza Kusuma Mustika dari Cetacean Serenian Indonesia (Cetasi). Beliau bercerita tentang perilaku lumba-lumba di alam bebasnya seperti bagaimana mereka berkomunikasi dan menyusui anaknya. Dr. Putu Liza juga bercerita tentang ancaman yang dihadapi lumba-lumba di alamnya. Habema Fanri Y. Monim dari Program Sains untuk Konservasi menjadi moderator dalam diskusi ini. Simak rekaman ulangnya pada channel YouTube kami.

Session 2 Penyu

Episode 1 Peran dan Jenis Penyu

 

Episode ini membahas peran penyu bagi ekosistem pantai, perbedaan penyu dan kura-kura, evolusi penyu, jenis-jenis penyu dan cara mengidentifikasinya. Narasumber adalah Deasy Lontoh dan Moderator adalah Siis Werimon dan Program Sains untuk Konservasi.

Session 2 Penyu

Episode 2 Siklus Hidup Penyu

 

Episode ini membahas tahapan hidup penyu dari telur hingga dewasa. Narasumber adalah Deasy Lontoh dan Moderator adalah Petrus Batubara dari Program Sains untuk Konservasi.

Session 2 Penyu

Episode 3 Ancaman terhadap Penyu

 

Episode ini membahas hal-hal yang mengancam kelestarian penyu. Ancaman ini bisa berasal dari kondisi alam, predator alami penyu di alam, maupun dari perilaku manusia. Narasumber adalah Deasy Lontoh dan Moderator adalah  Abraham Leleran dari Program Sains untuk Konservasi.

Session 2 Penyu

Episode 4 Pelestarian Penyu

 

Episode ini membahas tindakan manusia untuk melindungi penyu dari kepunahan. Di dalam rekaman video ini dibahas mengenai praktek terbaik pelepasan tukik, efek negatif memelihara tukik, cara melindungi pantai peneluran, cara mengurangi bycacth. Narasumber adalah Deasy Lontoh dan Moderator adalah Johni Mau dari Program Sains untuk Konservasi. Episode ini juga membahas upaya perlindungan penyu yang dilakukan Tim Sains untuk Konservasi di Taman Pesisir Jeen Womom, habitat peneluran terbesar penyu belimbing di wilayah Pasifik.

Session 3 Kicau Papua, Kicau Nusantara

Episode 1 Mengenal Burung

 

Sekolah alam virtual Session “Kicau Papua, Kicau Nusantara” episode pertama membahas berbagai aspek tentang burung seperti ciri khas burung, status konservasi burung di Indonesia, pola migrasi burung, pola konsumsi pakan burung, manfaat burung bagi alam, dan ancaman kelestarian burung.

SAV dilaksanakan tanggal 4 September 2020. Narasumber adalah Ady Kristanto – Senior Biodiversity Conservation Officer FFI-IP dan Koordinator Jakarta Birdwatcher’s Society. Moderator adalah Yanuarius Dumutu – PT. Freeport Indonesia.

Session 3 Kicau Papua, Kicau Nusantara

Episode 2 Mengenal Burung Cenderawasih

 

SAV episode ini membahas Burung Cenderawasih, yaitu sejarah penemuan, karakteristik burung, persebarannya di alam, perilaku unik burung cenderawasih saat kawin, dan ancaman kelestarian burung cenderawasih.

SAV dilaksanakan pada 11 September 2020. Narasumber adalah Agustinus Kilmaskossu (Universitas Papua) dan Ken Dara Cita (Universitas Nusa Bangsa Bogor).

Session 3 Kicau Papua, Kicau Nusantara
Episode 3 Mengenal Burung Mambruk

 

SAV episode ini membahas Burung Mambruk, burung yang masih satu kerabat dengan burung merpati. Narasumber bercerita tentang jenis-jenis dan persebaran geografis burung mambruk, pakan alami, status konservasinya, ekologi persarangan, dan ancaman kelestarian di alam.

SAV dilaksanakan pada 18 September 2020. Narasumber adalah Henderina Keiluhu (Universitas Cenderawasih) dan Agustinus Kilmaskossu (Universitas Papua).

Session 3 Kicau Papua, Kicau Nusantara

Episode 4 Mengenal Burung Paruh Bengkok

Episode ini membahas Burung Paruh Bengkok yang ramai diperjual belikan. Burung ini statusnya dilindungi, tetapi karena keindahan warna bulunya dan kemampuan meniru suara manusia, mereka seringkali menjadi barang yang diperjualbelikan bahkan diselundupkan dalam kondisi yang memprihatinkan. Narasumber juga mengajak peserta untuk ikut mengamati burung ini di alamnya melalui video.

SAV dilaksanakan pada 25 September 2020. Narasumber adalah Freddy Pattiselanno (Universitas Papua) dan Oka Dwi Prihatmoko (Birding Indonesia).

Life Below Water

Episode 1 Apa gunanya laut untuk kita?

 

Pada Jumat, 6 Oktober 2023 SAV hadir dengan membahas tentang Laut yang memiliki peran penting karena menyediakan sumber daya pangan, mengatur iklim global dan mendukung keberlanjutan ekosistem maupun dengan bagaimana laut mempengaruhi iklim. Narasumber adalah Deasy Lontoh (Koordinator Penelitian Penyu Prog. Sains untuk Konservasi. LPPM UNIPA) & Moderator: Noviyanti (Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi (LPPM UNIPA)

Life Below Water

Episode 2 Benarkah laut kita sedang rusak?

 

Pada Jumat, 27 Oktober 2023 SAV hadir dengan membahas tentang ancaman yang dihadapi laut dan akibat perbuatan manusia yang terlebih khusus adanya sampah plastik, tumpahan minyak dan over fishing. Lalu apakah akan ada konsekuensi dari aspek global kerusakan laut? Narasumber adalah Ratna Ningsih Kuswara (Marine Coordinator Flora & Fauna – Indonesia Program. Site Tanah Papua) & Moderator: Abigail Lang (Asisten Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi. LPPM UNIPA)

Life Below Water

Episode 3 Apa akibatnya kalau laut kita rusak?

 

Pada Jumat, 17 November 2023 hadir dengan membahas tentang sudah sejauh mana sampah, tumpahan minyak dan over fishing berpengaruh ke laut dan apa yang akan terjadi jika dibiarkan terus? bisa jadi tahun 2050 ikan mulai habis karena tidak adanya pencegahan overfishing. Narasumber adalah Samuel Leivy Opa (Kaprodi Sains Kelautan Institut Sains dan Teknologi Esa Trinita) & Moderator: Michael Tuhuteru (Asisten Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi. LPPM UNIPA)

Life Below Water

Episode 4 Apa yang bisa aku buat untuk laut?

 

Pada Jumat, 15 Desember 2023 hadir dengan membahas tentang cara mempertahankan sumberdaya laut yang sudah dicemari, dengan itu kita dapat mengambil tindakan kecil yang menjaga laut kita agar tetap bersih, seperti; gunakan botol air (reusable), bawa tas belanja sendiri, dan contoh kecil lainnya. Narasumber adalah Toto Rizqi Darwinto (Ketua Kompak Komunitas Pecinta Alam dan Kemanusiaan) Papua Barat. & Moderator: Jane Lense (Tim Penjangkauan Masyarakat. LPPM UNIPA)

Life Below Water

Episode 5 Apa pemerintah juga jaga laut kita?

 

Pada Jumat, 26 Januari 2024 hadir dengan membahas tentang perjanjian pemerintahan yang mengatur untuk menjaga laut secara internasional yang salah satunya ada negara Indonesia yang termasuk dalam perjanjian tersebut. Dengan pemetaan & penentuan batas laut yang diterapkan UNCLOS untuk Indonesia, dapatkah pemerintah menjaga perairan Indonesia? Apa saja contoh yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah/lokal seperti Papua Barat? Narasumber: Rahel Randa (Kepala Seksi Perlindungan, Penataan dan Pemanfaatan Kawasan Konservasi Hayati serta Jasa Kelautan. DKP Papua Barat) & Moderator: Abigail Lang (Asisten Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi. LPPM UNIPA)

Berbagi Cerita Penyu

Episode 1 “Mengenal Taman Pesisir Jeen Womom dan Kegiatan Pemantauan Penyu

 

Pada 16 Februari 2024, Sekolah Alam Virtual kembali hadir dengan seri terbaru yang membahas tentang perkenalan singkat tentang Taman Pesisir Jeen Womom seperti lokasi dan panjang pantainya, yang menjadi tempat aktivitas peneluran penyu belimbing terbesar di Pasifik Barat, status populasi penyu di TP Jeen Womom, dan cara tim S4C LPPM UNIPA bersama dengan masyarakat lokal melakukan aktivitas pemantauan dan pendataan penyu serta perlindungan sarang. Narasumber adalah Yusup Jentewo (Tim Konservasi Program Development Assistant Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA) & Moderator adalah Putri Kawilarang (Pendamping Masy. dan Narahubung Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA)

Berbagi Cerita Penyu

Episode 2 “Perlindungan Sarang Penyu dan Penelitian di Taman Pesisir Jeen Womom

 

Pada 01 Maret 2024, SAV hadir pada episode ini membahas tentang ancaman-ancaman terhadap sarang penyu, metode perlindungan sarang yang diterapkan seperti membuat pagar dan naungan di sekeliling sarang hingga menyediakan kandang relokasi. Ada juga metode alternatif perlindungan sarang penyu di Pantai Jeen Yessa yang dilakukan oleh penelitian mahasiswa di TP Jeen Womom, yaitu metode Cocomesh yang dapat digunakan untuk melindungi sarang dari panas matahari dan mampu untuk menurunkan suhu pasir. Narasumber adalah Arfiandra A. Wanaputra (Asisten Koordinator Penelitian Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA) dan Elisa S.H. Putra (Asisten Program Pemantauan Penyu bagian Penelitian Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA) & Moderator adalah Noviyanti (Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA)

Berbagi Cerita Penyu

Episode 3 “Pentingkah Evaluasi Sarang Penyu untuk Taman Pesisir Jeen Womom”

 

Pada 15 Maret 2024, episode SAV ini membahas tentang pentingnya melakukan evaluasi sarang penyu untuk mengetahui tingkat persentase telur yang menetas dalam satu sarang, untuk memperkirakan jumlah tukik yang dihasilkan, dan untuk mengetahui apakah metode perlindungan sarang yang diterapkan efektif, serta cara penanganan tukik yang tepat. Narasumber adalah Petrus Batubara (Tim Pemantauan Penyu dan Perlindungan Sarang Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA) & Moderator adalah Jane Lense (Asisten Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA)

Session 1 Megafauna Akuatik

Episode 1 Mengenal Paus

 

Episode ini membahas pengetahuan dasar tentang Paus seperti cara paus mengenali objek, cara paus berkomunikasi dengan paus lain, peran paus bagi ekosistem laut, hal yang mengancam kelestarian paus di alamnya,  dan banyak lagi informasi menarik lainnya.

Download Materi

Session 1 Megafauna Akuatik

Episode 2 Mengenal Dugong

 

Episode ini membahas tentang Dugong atau biasa disebut Duyung. Hal yang dibahas adalah evolusi Sirenia, anatomi & morfologi tubuh dugong dan hubungannya dengan evolusi, makanan dan cara dugong mengambil makanannya, perilaku unik dugong di alam termasuk cara dugong menyusui anaknya di dalam laut. SAV juga bercerita tentang manfaat dugong bagi ekosistem laut dan ancaman kelestarian dugong. Narasumber adalah Juraij Bawazier dari Peneliti Kelautan dari Yayasan Lamun Indonesia. Moderator adalah Henny Lessnussa Support team LPPM-UNIPA.

Download Materi

Session 1 Megafauna Akuatik

Episode 3 Mengenal Hiu

 

Episode ini membahas tentang Hiu. Hal yang dibahas adalah perdagangan hiu dan hubungannya dengan keberlangsungan spesies hiu. Narasumber adalah Ranny R. Yuneni (Shark and Ray Conservation Specialist-WWF Indonesia). Moderator adalah Halter Z. Karubaba (Staff Outreach Program Sains untuk Konservasi).

Download Materi (Belum tersedia)

Session 1 Megafauna Akuatik

Episode 4 Mengenal Lumba-lumba

 

Episode ini membahas pengetahuan dasar tentang lumba-lumba. Narasumber adalah Dr Putu Liza Kusuma Mustika dari Cetacean Serenian Indonesia (Cetasi). Beliau bercerita tentang perilaku lumba-lumba di alam bebasnya seperti bagaimana mereka berkomunikasi dan menyusui anaknya. Dr. Putu Liza juga bercerita tentang ancaman yang dihadapi lumba-lumba di alamnya. Habema Fanri Y. Monim dari Program Sains untuk Konservasi menjadi moderator dalam diskusi ini. Simak rekaman ulangnya pada channel YouTube kami.

Download Materi

Session 2 Penyu

Episode 1 Peran dan Jenis Penyu

 

Episode ini membahas peran penyu bagi ekosistem pantai, perbedaan penyu dan kura-kura, evolusi penyu, jenis-jenis penyu dan cara mengidentifikasinya. Narasumber adalah Deasy Lontoh dan Moderator adalah Siis Werimon dan Program Sains untuk Konservasi.

Download Materi

Session 2 Penyu

Episode 2 Siklus Hidup Penyu

 

Episode ini membahas tahapan hidup penyu dari telur hingga dewasa. Narasumber adalah Deasy Lontoh dan Moderator adalah Petrus Batubara dari Program Sains untuk Konservasi.

Download Materi

Session 2 Penyu

Episode 3 Ancaman terhadap Penyu

 

Episode ini membahas hal-hal yang mengancam kelestarian penyu. Ancaman ini bisa berasal dari kondisi alam, predator alami penyu di alam, maupun dari perilaku manusia. Narasumber adalah Deasy Lontoh dan Moderator adalah  Abraham Leleran dari Program Sains untuk Konservasi.

Download Materi

Session 2 Penyu

Episode 4 Pelestarian Penyu

 

Episode ini membahas tindakan manusia untuk melindungi penyu dari kepunahan. Di dalam rekaman video ini dibahas mengenai praktek terbaik pelepasan tukik, efek negatif memelihara tukik, cara melindungi pantai peneluran, cara mengurangi bycacth. Narasumber adalah Deasy Lontoh dan Moderator adalah Johni Mau dari Program Sains untuk Konservasi. Episode ini juga membahas upaya perlindungan penyu yang dilakukan Tim Sains untuk Konservasi di Taman Pesisir Jeen Womom, habitat peneluran terbesar penyu belimbing di wilayah Pasifik.

Download Materi

Session 3 Kicau Papua, Kicau Nusantara

Episode 1 Mengenal Burung

 

Sekolah alam virtual Session “Kicau Papua, Kicau Nusantara” episode pertama membahas berbagai aspek tentang burung seperti ciri khas burung, status konservasi burung di Indonesia, pola migrasi burung, pola konsumsi pakan burung, manfaat burung bagi alam, dan ancaman kelestarian burung.

SAV dilaksanakan tanggal 4 September 2020. Narasumber adalah Ady Kristanto – Senior Biodiversity Conservation Officer FFI-IP dan Koordinator Jakarta Birdwatcher’s Society. Moderator adalah Yanuarius Dumutu – PT. Freeport Indonesia.

Download Materi

Session 3 Kicau Papua, Kicau Nusantara

Episode 2 Mengenal Burung Cenderawasih

 

SAV episode ini membahas Burung Cenderawasih, yaitu sejarah penemuan, karakteristik burung, persebarannya di alam, perilaku unik burung cenderawasih saat kawin, dan ancaman kelestarian burung cenderawasih.

SAV dilaksanakan pada 11 September 2020. Narasumber adalah Agustinus Kilmaskossu (Universitas Papua) dan Ken Dara Cita (Universitas Nusa Bangsa Bogor).

Download Materi

Session 3 Kicau Papua, Kicau Nusantara

Episode 3 Mengenal Burung Mambruk

 

SAV episode ini membahas Burung Mambruk, burung yang masih satu kerabat dengan burung merpati. Narasumber bercerita tentang jenis-jenis dan persebaran geografis burung mambruk, pakan alami, status konservasinya, ekologi persarangan, dan ancaman kelestarian di alam.

SAV dilaksanakan pada 18 September 2020. Narasumber adalah Henderina Keiluhu (Universitas Cenderawasih) dan Agustinus Kilmaskossu (Universitas Papua).

Download Materi

Session 3 Kicau Papua, Kicau Nusantara

Episode 4 Mengenal Burung Paruh Bengkok

Episode ini membahas Burung Paruh Bengkok yang ramai diperjual belikan. Burung ini statusnya dilindungi, tetapi karena keindahan warna bulunya dan kemampuan meniru suara manusia, mereka seringkali menjadi barang yang diperjualbelikan bahkan diselundupkan dalam kondisi yang memprihatinkan. Narasumber juga mengajak peserta untuk ikut mengamati burung ini di alamnya melalui video.

SAV dilaksanakan pada 25 September 2020. Narasumber adalah Freddy Pattiselanno (Universitas Papua) dan Oka Dwi Prihatmoko (Birding Indonesia).

Download Materi

Life Below Water

Episode 1 Apa gunanya laut untuk kita?

 

Pada Jumat, 6 Oktober 2023 SAV hadir dengan membahas tentang Laut yang memiliki peran penting karena menyediakan sumber daya pangan, mengatur iklim global dan mendukung keberlanjutan ekosistem maupun dengan bagaimana laut mempengaruhi iklim. Narasumber adalah Deasy Lontoh (Koordinator Penelitian Penyu Prog. Sains untuk Konservasi. LPPM UNIPA) & Moderator: Noviyanti (Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi (LPPM UNIPA)

Download Materi

Life Below Water

Episode 2 Benarkah laut kita sedang rusak?

 

Pada Jumat, 27 Oktober 2023 SAV hadir dengan membahas tentang ancaman yang dihadapi laut dan akibat perbuatan manusia yang terlebih khusus adanya sampah plastik, tumpahan minyak dan over fishing. Lalu apakah akan ada konsekuensi dari aspek global kerusakan laut? Narasumber adalah Ratna Ningsih Kuswara (Marine Coordinator Flora & Fauna – Indonesia Program. Site Tanah Papua) & Moderator: Abigail Lang (Asisten Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi. LPPM UNIPA)

Download Materi (Belum tersedia)

Life Below Water

Episode 3 Apa akibatnya kalau laut kita rusak?

 

Pada Jumat, 17 November 2023 hadir dengan membahas tentang sudah sejauh mana sampah, tumpahan minyak dan over fishing berpengaruh ke laut dan apa yang akan terjadi jika dibiarkan terus? bisa jadi tahun 2050 ikan mulai habis karena tidak adanya pencegahan overfishing. Narasumber adalah Samuel Leivy Opa (Kaprodi Sains Kelautan Institut Sains dan Teknologi Esa Trinita) & Moderator: Michael Tuhuteru (Asisten Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi. LPPM UNIPA)

Download Materi (Belum tersedia)

Life Below Water

Episode 4 Apa yang bisa aku buat untuk laut?

 

Pada Jumat, 15 Desember 2023 hadir dengan membahas tentang cara mempertahankan sumberdaya laut yang sudah dicemari, dengan itu kita dapat mengambil tindakan kecil yang menjaga laut kita agar tetap bersih, seperti; gunakan botol air (reusable), bawa tas belanja sendiri, dan contoh kecil lainnya. Narasumber adalah Toto Rizqi Darwinto (Ketua Kompak Komunitas Pecinta Alam dan Kemanusiaan) Papua Barat. & Moderator: Jane Lense (Tim Penjangkauan Masyarakat. LPPM UNIPA)

Download Materi

Life Below Water

Episode 5 Apa pemerintah juga jaga laut kita?

 

Pada Jumat, 26 Januari 2024 hadir dengan membahas tentang perjanjian pemerintahan yang mengatur untuk menjaga laut secara internasional yang salah satunya ada negara Indonesia yang termasuk dalam perjanjian tersebut. Dengan pemetaan & penentuan batas laut yang diterapkan UNCLOS untuk Indonesia, dapatkah pemerintah menjaga perairan Indonesia? Apa saja contoh yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah/lokal seperti Papua Barat? Narasumber: Rahel Randa (Kepala Seksi Perlindungan, Penataan dan Pemanfaatan Kawasan Konservasi Hayati serta Jasa Kelautan. DKP Papua Barat) & Moderator: Abigail Lang (Asisten Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi. LPPM UNIPA)

Download Materi

Berbagi Cerita Penyu

Episode 1 “Mengenal Taman Pesisir Jeen Womom dan Kegiatan Pemantauan Penyu

 

Pada 16 Februari 2024, Sekolah Alam Virtual kembali hadir dengan seri terbaru yang membahas tentang perkenalan singkat tentang Taman Pesisir Jeen Womom seperti lokasi dan panjang pantainya, yang menjadi tempat aktivitas peneluran penyu belimbing terbesar di Pasifik Barat, status populasi penyu di TP Jeen Womom, dan cara tim S4C LPPM UNIPA bersama dengan masyarakat lokal melakukan aktivitas pemantauan dan pendataan penyu serta perlindungan sarang. Narasumber adalah Yusup Jentewo (Tim Konservasi Program Development Assistant Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA) & Moderator adalah Putri Kawilarang (Pendamping Masy. dan Narahubung Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA)

Download Materi

Berbagi Cerita Penyu

Episode 2 “Perlindungan Sarang Penyu dan Penelitian di Taman Pesisir Jeen Womom

 

Pada 01 Maret 2024, SAV hadir pada episode ini membahas tentang ancaman-ancaman terhadap sarang penyu, metode perlindungan sarang yang diterapkan seperti membuat pagar dan naungan di sekeliling sarang hingga menyediakan kandang relokasi. Ada juga metode alternatif perlindungan sarang penyu di Pantai Jeen Yessa yang dilakukan oleh penelitian mahasiswa di TP Jeen Womom, yaitu metode Cocomesh yang dapat digunakan untuk melindungi sarang dari panas matahari dan mampu untuk menurunkan suhu pasir. Narasumber adalah Arfiandra A. Wanaputra (Asisten Koordinator Penelitian Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA) dan Elisa S.H. Putra (Asisten Program Pemantauan Penyu bagian Penelitian Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA) & Moderator adalah Noviyanti (Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA)

Download Materi 1 Download Materi 2

Berbagi Cerita Penyu

Episode 3 “Pentingkah Evaluasi Sarang Penyu untuk Taman Pesisir Jeen Womom”

 

Pada 15 Maret 2024, episode SAV ini membahas tentang pentingnya melakukan evaluasi sarang penyu untuk mengetahui tingkat persentase telur yang menetas dalam satu sarang, untuk memperkirakan jumlah tukik yang dihasilkan, dan untuk mengetahui apakah metode perlindungan sarang yang diterapkan efektif, serta cara penanganan tukik yang tepat. Narasumber adalah Petrus Batubara (Tim Pemantauan Penyu dan Perlindungan Sarang Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA) & Moderator adalah Jane Lense (Asisten Koordinator Penjangkauan Masyarakat Prog. Sains untuk Konservasi, LPPM UNIPA)

Download Materi