Berbagi Cerita Hasil Kegiatan Upaya Pemantauan Penyu dan Perlindungan Sarang dan Pemberdayaan serta Penjangkauan Masyarakat kepada Pemerintah Kabupaten Tambrauw

Bagikan Tulisan

Tanggal

05 Juni 2024

Penulis

Kartika Zohar, Deasy Lontoh, Fitryanti Pakiding, Abraham Leleran

Tanggal

05 Juni 2024

Penulis

Kartika Zohar, Deasy Lontoh, Fitryanti Pakiding, Abraham Leleran

Program Sains untuk Konservasi Menghubungkan Sains dengan Inovasi untuk Upaya Konservasi Penyu Belimbing yang Holistik di Bentang Laut Kepala Burung adalah bagian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Papua. Program ini telah secara rutin mendapat rekomendasi untuk bekerja dari Pemerintah Kabupaten Tambrauw dalam upaya pemantauan penyu dan perlindungan sarang serta pemberdayaan dan penjangkauan masyarakat di Taman Pesisir (TP) Jeen Womom, Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya.

Diskusi dan persiapan presentasi hasil kegiatan monitoring penyu di Ruang meeting Sekretariat Daerah Kabupaten Tambrauw
(Foto : Bram/S4C_LPPM UNIPA)

Kegiatan presentasi oleh Tim Program Sains untuk Konservasi LPPM UNIPA dengan Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Tambrauw.
(Foto : Bram/S4C_LPPM UNIPA)

Berdasarkan surat rekomendasi No: 660/340/2022 bahwa hasil kegiatan yang dilakukan di kawasan TP Jeen Womom perlu disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Tambrauw, maka pada 16 Mei 2024 lalu, Ketua Pelaksana Program Sains untuk Konservasi Fitryanti Pakiding bersama tim program bertemu dengan pimpinan Kabupaten yang diwakili oleh PJ Sekretaris Daerah Tambrauw M Zen Hayatudin, S.IP, MM untuk menyampaikan secara langsung hasil-hasil kegiatan yang telah dilakukan baik di pantai peneluran maupun di kampung-kampung sekitar kawasan. Rencana awal untuk bertemu secara langsung dengan PJ Bupati Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu, S.HUT.,MM harus batal karena pada waktu yang bersamaan PJ Bupati sedang dinas di luar Tanah Papua.

Kegiatan Presentasi dari program Monitoring penyu yang di sampaikan oleh Ibu Deasy Lontoh kepada Sekda dan beberapa staf Setda Kabupaten Tambrauw
(Foto : Bram/S4C_LPPM UNIPA)

Foto Bersama dengan Bapak SEKDA Kabupaten Tambrauw usai kegiatan presentasi hasil kegiatan monitoring penyu di taman Pesisir Jeen Womom
(Foto : Bram/S4C_LPPM UNIPA)

Pada pertemuan tersebut PJ Sekretaris Daerah Tambrauw M Zen Hayatudin, S.IP, MM menyambut baik tim yang hadir dan berdiskusi banyak tentang dampak kegiatan di lapangan. Tim Program Sains untuk Konservasi memaparkan presentasi yang berisi capaian dan juga tantangan yang dihadapi selama bekerja pada 2 tahun periode rekomendasi. Diskusi-diskusi menarik tercipta ketika PJ Sekretaris Daerah Tambrauw M Zen Hayatudin, S.IP, MM mengetahui tentang jumlah sarang penyu yang berada di wilayah kerjanya adalah yang terbesar di kawasan pasifik. Diskusi lain yang tidak kalah serunya adalah tentang tantangan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat Tambrauw yang berada di kawasan konservasi ini. Tim Program Sains untuk Konservasi LPPM UNIPA juga menyampaikan bagaimana manfaat yang telah diterima baik secara langsung maupun secara tidak langsung oleh masyarakat.

Penyerahan Laporan hasil kegiatan monitoring penyu di Taman Pesisir Jeen Womom ke Dinas Pariwisata Kabupaten Tambrauw.
(Foto : Bram/S4C_LPPM UNIPA)

Bertemu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tambrauw sekaligus menyerahkan Laporan hasil kegiatan monitoring penyu di Taman Pesisir Jeen Womom.
(Foto : Bram/S4C_LPPM UNIPA)

Pendistribusian laporan hasil kegiatan Monitoring penyu di Dinas PERINDAK Kab. Tambrauw
(Foto : Bram/S4C_LPPM UNIPA)

Tidak terasa diskusi telah berlangsung 3 jam, semua uraian aktifitas, tantangan, dan rencana ke depan telah disampaikan secara langsung kepada PJ Sekretaris Daerah Tambrauw M Zen Hayatudin, S.IP, MM. Mengakhiri diskusi, beliau menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin selama ini antara LPPM UNIPA dan Pemerintah Kabupaten Tambrauw, dan mengharapkan agar pekerjaan baik yang telah dilakukan dapat dilanjutkan untuk tahun berikutnya. Pemerintah Kabupaten Tambrauw mendukung secara penuh dan akan memberikan rekomendasi lanjutan untuk melanjutkan upaya pemantauan dan perlindungan sarang penyu yang dilakukan di TP Jeen Womom karena PJ Sekretaris Daerah Tambrauw M Zen Hayatudin, S.IP, MM menilai bahwa kegiatan ini telah memberikan manfaat tidak hanya bagi penyu namun juga bagi masyarakat di kawasan tersebut.

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.