Beranda » Program Kami » Program Bank Indonesia » The Consumer Survey

The Consumer Survey

Latar Belakang

Survei Konsumen merupakan penelitian yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk mendapatkan informasi atau indikator dini mengenai tendensi/arah konsumsi rumah tangga, kondisi stabilitas keuangan rumah tangga, dan ekspektasi konsumen terhadap perkiraan inflasi kedepan.

Penelitian Survei Konsumen di Papua dan Papua Barat pertama kali dimulai pada tahun 2011. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua dan Papua Barat di Jayapura memulai kerjasama dengan Universitas Papua (UNIPA) untuk melaksanakan kegiatan Survei Konsumen di Kota Manokwari (Kabupaten Manokwari). Kerjasama ini dilakukan melalui Lembaga Penelitian (Lemlit) UNIPA atau yang saat ini dikenal sebagai Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM). Dr. Fitryanti Pakiding (Dosen Fakultas Pertanian dan Teknologi Pertanian) dipercayakan sebagai Ketua Project (2011-saat ini). Survei di Kota Manokwari dilakukan pada bulan April sampai Desember (9 bulan survei). Kemudian pada tahun 2012, Bank Indonesia mempercayakan UNIPA untuk melakukan survei sepanjang tahun atau dimulai pada bulan Januari sampai Desember. Mekanisme ini terus dilakukan sampai tahun ini.

Melihat pentingnya penelitian yang sama untuk dilakukan di derah lain, pada tanggal 22 Desember 2014, Bank Indonesia memberikan penawaran baru kepada LPPM UNIPA untuk melakukan kegiatan Survei Konsumen di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Oleh karena itu, sejak tahun 2015 UNIPA melakukan Survei Konsumen di Kota Manokwari dan Kota Jayapura.

Kemudian, pada tanggal 22 Desember 2015, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat di Manokwari kembali memberikan tawaran kerjasama dan mempercayakan LPPM UNIPA untuk melakukan Survei Konsumen di Kota Sorong (dimulai pada Bulan Januari 2016). Pada tahun 2016, Survei Konsumen di Kota Manokwari dan Kota Sorong secara langsung ditangani oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua Barat (kantor pusat di Manokwari). Sementara, Survei di Kota Jayapura tetap berada dibawah pengawasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua di Jayapura. Sejak tahun 2016 sampai saat ini (2019), LPPM UNIPA telah melakukan Survei Konsumen di tiga (3) kota yaitu Kota Manokwari, Kota Sorong dan Kota Jayapura.

Tujuan dari Survei Konsumen adalah untuk mengetahui Indeks Keyakinan Konsumen (IKK), Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) di Kabupaten Manokwari, Kota Sorong dan Kota Jayapura. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukan survei (wawancara) terhadap 150 orang konsumen (responden) di setiap wilayah studi. Survei yang dilakukan mengacu kepada lima bagian pertanyaan yaitu: (1) Informasi Umum Responden, (2) Keyakinan Konsumen, (3) Perkiraan Perkembangan Indikator Ekonomi, (4) Pengeluaran Konsumen, dan (5) Stabilitas Sistem Keuangan. Informasi utama yang diharapkan dari survei ini adalah: (1) tingkat keyakinan konsumen terhadap perekonomian Indonesia secara umum, (2) kondisi ekonomi saat ini, (3) ekspektasi konsumen, (4) ekspektasi penghasilan, (5) ekspektasi harga, (6) ekspektasi jumlah tabungan konsumen dan suku bunga tabungan, (7) perkiraan kondisi ekonomi di masa yang akan datang, dan (8) kondisi keuangan konsumen. Keseluruhan informasi tersebut diharapkan mampu memberikan gambaran umum terkait kecenderungan dan arah perubahan harga atau inflasi di Kabupaten Manokwari, Kota Sorong dan Kota Jayapura.

Penentuan responden menggunakan metode Stratified Random Sampling, yaitu sampel diambil secara acak berdasarkan tingkat pengeluaran dan tingkat pendidikan. Jumlah responden setiap bulan survei adalah 150 orang untuk masing-masing lokasi survei (Kabupaten Manokwari, Kota Sorong dan Kota Jayapura). Pengambilan data dilakukan oleh enumerator menggunakan instrument survei (kuisioner) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Petugas survei atau enumerator merupakan mahasiswa atau alumni Universitas Papua di Kabupaten Manokwari. Sedangkan di Kota Sorong dan Kota Jayapura, enumerator merupakan mahasiswa, alumni dan guru yang berdomisili di kota-kota tersebut.

Lokasi

Galeri

Aktivitas

Laporan The Consumer Survey

Laporan