Hubungan Masyarakat

Beranda » Program Kami » Konservasi Penyu Belimbing » Hubungan Publik

Latar Belakang

Tugas pokok kegiatan Hubungan Publik (Bulding Partnership) kantor divisi pembangunan berkelanjutan adalah menghubungkan Kegiatan upaya perlindungan penyu di Taman Pesisir Jeen Womom dan Pemberdayaan Masyarakat di Kampung-kampung di Distrik Abun, Kabupaten Tambrauw Papua Barat, kepada pemerintah daerah kabupaten, pemerintah provinsi dan mitra kerja. Selain itu, melibatkan pemilik hak dan orang-orang kunci untuk terlibat aktif dalam kegiatan pemantauan penyu.

Bentuk kegiatan hubungan publik pada kegiatan monitoring penyu belimbing di pantai yaitu pelaporan hasil kegiatan monitoring, kendala teknis pada kegiatan monitoring, serta diskusi rutin bersama. Sedangkan kegiatan pemberdayaan masyarakat dihubungkan dengan organisasi perangkat daerah (OPD), pada kegiatan pendidikan formal dan Non-formal, pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian dan kampanye upaya konservasi penyu.

Hubungan publik juga membantu meningkatkan kapasitas Unit Pelaksana Teknis dinas (UPTD)  Taman Pesisir Jeen Womom kerjasama dengan mitra kerja (WWF, PSPL Loka, dan Starling Resources) sehingga UPTD mengelola kowasan konservasi penyu secara mandiri.

Fokus kegiatan hubungan publik adalah agar pemerintah daerah mendorong kegiatan Upaya perlindungan penyu di pantai Taman Pesisir Jeen Womom dan pemberdayaan masyarakat melalui pendanaan dan dukungan lainnya.

Harapan kegiatan monitoring dan pemberdayaan masyarakat dapat membantu pemerintah dan pemerinatah sepenuhnya mempercayakan kepada UNIPA sebagai mitra pembangunan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dan perlindungan penyu belimbing.

Lokasi

Sebelum musim peneluran penyu belimbing dimulai, tim hubungan publik menegoisasikan kepada pemilik pantai Jeen Syuab mau pun Jeen Yessa agar memberikan ijin akses monitoring penyu di pantai peneluran. Biasanya negoisasi dengan pemilik pantai Jeen Yessa dilakukan pada bulan Februari-Maret dan Jeen Syuab Juni-Agustus. Musim  peneluran peneluran penyu untuk pantai Jeen Yessa pada Bulan April-September dan pantai Jeen syuab Oktober-Maret.

Tim Hubungan publik juga berkomunikasi dan berdiskusi dengan pemerintah daerah Kabupaten Tambrauw di Sausapor dan pemerintah provinsi Papua Barat di Manokwari. Peningkatan kapasitas Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dilakukan di Sausapor, Sorong dan Manokwari disesuaikan kondisi dan kesepakatan mitra kerja. Hubungan publik juga melakukan koordinasi dan diskusi dengan pemerintah daerah secara rutin.