Beranda  » Ikut Terlibat » Minyak Kelapa Abun

Tentang Minyak Kelapa Abun

Minyak Kelapa Abun merupakan produk lokal pertama masyarakat Abun yang terbuat dari buah kelapa asli. Produk ini diproduksi oleh masyarakat lokal yang terbentuk dalam kelompok bersama dan didampingi Pendamping Masyarakat yang tersebar di beberapa kampung pada dua distrik Abun dan Tobouw, yaitu Kampung Wau, Weyaf, Warmandi, Resye (dulu Saubeba), dan Womom.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNIPA melakukan Pendampingan Masyarakat untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dengan cara mendampingi proses pengolahan kelapa menjadi minyak kelapa dan memasarkan produknya di Manokwari. Kelapa adalah komoditi pertanian andalan di sepanjang pesisir distrik-distrik ini.

DSC08172
Mekanisme Donasi Buku

Minyak Kelapa Abun

Manfaat Minyak Kelapa

  1. Menjaga kesehatan dan kelembapan kulit dan rambut
  2. Membuat masakan menjadi enak, gurih, dan sehat

Manfaat yang Diperoleh Masyarakat di Distrik Abun

  1. Memperoleh pengetahuan tentang pembuatan minyak kelapa
  2. Memperoleh pendapatan tambahan dalam bentuk uang dari memproduksi minyak kelapa

Isi Bersih : 1000 ml

Harga       : Rp 38.000,-

Minyak kelapa ini dipasarkan di wilayah Manokwari dan sekitarnya. Untuk informasi dan pemesanan, silakan menghubungi Admin kantor pada jam kerja (Senin-Jumat dari Pukul 09.00-17.00 WIT)

Tentang Abun

Distrik Abun secara administrasi berada di wilayah Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat. Distrik Abun terdiri atas 5 kampung, yaitu Kampung Waibem (Ibukota Distrik), Wau-Weyaf, Warmandi, dan Saubeba-Womom. Keempat kampung terakhir terletak di antara 2 pantai utama peneluran Penyu Belimbing Pasifik, yaitu Pantai Wermon (yang terletak dekat dengan Kampung Wau-Weyaf) dan Pantai Jamursba Medi (yang terletak di antara Kampung Warmandi dan Saubeba-Womom). Kedua pantai ini adalah bagian dari Taman Pesisir Jeen Womom yang memiliki aktifitas peneluran penyu belimbing terbesar di pasifik. Wilayah ini merupakan kawasan perlindungan bagi penyu belimbing. Saat ini, dua kampung yaitu Saubeba dan Womom secara administrasi telah masuk dalam distrik Tobouw, selain itu nama Saubeba telah diubah menjadi nama Resye.

DSC08137

Proses Pembuatan Minyak Kelapa Abun